Bogoslousky, dalam bukunya The Ideal
School, mengutarakan hal-hal yang lebih jelas dari Horne. Di samping
menengaskan supaya kurikulum dapat terhindar dari adanya pemisahan mata
pelajaran yang satu dengan yang lain, kurikulum dapat diumpamakan sebagai
sebuah rumah yang mempunyai empat bagian, ialah:
a) Universum. Pengetahuan yang
merupakan latar belakang dari segala manifestasi hidup manusia. Di antaranya
adalah adanya kekuatan-kekuatan alam, asal usul tata surya dan lain-lainnya.
Basis pengetahuan ini adalah ilmu pengetahuan alam kodrat yang diperluas.
b) Sivilisasi. Karya yang
dihasilkan manusia sebagai akibat hidup masyarakat. Dengan sivilisasi manusia
mampu mengadakan pengawasan terhadap lingkungannya, mengajar kebutuhan, dan
hidup aman dan sejahtera.
c) Kebudayaan. Karya manusia
yang mencakup di antaranya filsafat, kesenian, kesusasteraan, agama, penafsiran
dan penilaian mengenai lingkungan.
d) Kepribadian. Bagian yang
bertujuan pembentukan kepribadian dalam arti riil yang tidak bertentangan
dengan kepribadian yang ideal. Dalam kurikulum hendaklah diusahakan agar
faktor-faktor fisik, fisiologis, emosional dan intelektual sebagai keseluruhan,
dapat berkembang harmonis dan organis, sesuai dengan kemanusiaan yang ideal
tersebut.
Komentar
Posting Komentar